2

JILBAB yang terulur menutup seluruh tubuh,
Seperti yang penulis pahami. (Coba baca surat Al Ahzab : 59)
»» BEDA JILBAB DENGAN KERUDUNG (KHIMAR) ««

Ingat pelajaran bahasa Arab-shorof tahun 2009. Jilbab itu asal dr kata JALBABA ( جلبب ).

** Jalbaba
( جلبب ) asalnya dari Jalaba ( جلب ).
- JALABA
( جلب ) : Membuka wajah
- JALBABA
( جلبب )  : Menutup wajah.

(Anda akan paham jika Anda sudah mempelajari SHOROF) berhati-hatilah karena beda 1 huruf, beda harokat pun makna berbeda, contoh JALABA dan JALBABA artinya berkebalikan.

Ana mencoba membuka lagi, pada Surat Al Ahzab : 59 disitu tertera PERINTAH Allah untuk "Mengulurkan JILBAB ke SELURUH tubuh mereka" pada kata "JALAABIIBIHINNA". Saya garis bawahi dan beri warna Merah.

Check di Al Quran Anda masing-masing dan terjemahannya :


يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا 
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: 'Hendaklah mereka MENGULURKAN JILBABNYA KE SELURUH TUBUH MEREKA'. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


Sedangkan pada surah An Nuur : 31, tertulis PERINTAH Allah untuk menutup dada dg "KHIMAR/KERUDUNG", lihat pada kata "BI KHUMURIHINNA"
(KHUMUR bentuk JAMAK dari KHIMAR yang artinya kerudung)Check di Al Quran Anda masing-masing beserta terjemahannya :

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Katakanlah kepada wanita beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau  ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki mereka, atau putera saudara-saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan –pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”
 
** Kesimpulan pertama :

- JILBAB Bukanlah KHIMAR
- Khimar adalah KERUDUNG
- Jilbab juga bukan kerudung
- Fungsi Khimar/Kerudung adalah untuk menutup dada (baca An Nuur :31)
- Fungsi JILBAB, kita bahas di bawah ini.
=================================

Ana mau sedikit merinci.
- JILBAB beda dg KHIMAR/KERUDUNG.
- Sedangkan KERUDUNG yang MENUTUP DADA

Ana perjelas dg membuka QOMUS MU'JAMUL WASITH jilid 1 hal 128.

JILBAB (Secara BAHASA) memiliki beberapa Ma'na:
1. QOMISH atau biasa disebut GAMIS (sejenis jubah).
2. Kain yang menutupi seluruh badan.
3. Khimar (kerudung).
4. Pakaian atasan seperti MILHAFAH (selimut).
5. Semisal selimut (baca: kerudung) yang dipakai seorang wanita untuk menutupi tubuhnya.

Itu secara bahasa lho ya??? Nhah bgmn secara ISTILAH??? Simak penjelasan dari PARA ULAMA' :

1. Ibnu Hazm rahimahullah mengatakan, “JILBAB menurut bahasa Arab yang disebutkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah pakaian yang MENUTUPI SELURUH BADAN, BUKAN hanya sebagiannya.” (Baca lagi Al Ahzab : 59, "Mengulutkan Jilbabnya ke Seluruh Tubuh")

2. Sedangkan IBNU KATSIR (Pasti sering dengar)) mengatakan, “JILBAB adalah semacam selendang yang dikenakan di atas KHIMAR yang sekarang ini sama fungsinya seperti IZAR (kain penutup).” (Syaikh Al Bani dalam Jilbab Muslimah). (Baca lagi An Nur : 31, "Menutup Kain Kerudung ke dadanya.")

•• Masih kurang jelas? Ana tambahin lebih RINCI, Semoga Anda PAHAM:

3. Syaikh bin Baz (dari Program Mausu’ah Fatawa Lajnah wal Imamain) berkata, “JILBAB adalah kain yang diletakkan DI ATAS KEPALA dan BADAN DI ATAS KAIN (dalaman). Jadi, JILBAB adalah kain yang dipakai perempuan untuk MENUTUPI KEPALA, WAJAH dan SELURUH BADAN. Sedangkan kain untuk menutupi kepala disebut KHIMAR (Kerudung). Jadi perempuan menutupi dengan JILBAB, KEPALA, WAJAH dan semua badan di atas kain (dalaman).” (bin Baz, 289).

Beliau juga mengatakan,"JILBAB adalah RIDA' (selendang) yang dipakai di atas KHIMAR (kerudung) seperti ABAYA (pakaian wanita Saudi).” (bin Baz, 214).

Di tempat yang lain beliau mengatakan, “JILBAB adalah kain yang diletakkan seorang perempuan DI ATAS kepala dan badannnya untuk MENUTUPI WAJAH dan BADAN, sebagai pakaian tambahan untuk pakaian yang biasa (dipakai di rumah).” (bin Baz, 746).

Beliau juga berkata, “JILBAB adalah semua kain yang dipakai seorang perempuan untuk MENUTUPI BADAN. Kain ini dipakai SETELAH memakai DAR'UN (sejenis jubah atau anggap sj jubah/gamis) dan KHIMAR (kerudung kepala) DENGAN TUJUAN menutupi tempat-tempat perhiasan baik yang ASLI (baca: aurat) ataupun BUATAN (misal, kalung, anting-anting, dll).” (bin Baz, 313).
=========

Nhah, sudah paham perbedaan antara JILBAB dan KHIMAR (KERUDUNG)...???
Jadi nilailah apa yang Anda pakai, pantaskah yang Anda pakai itu disebut "JILBAB"...????

Setidaknya, minimal (STANDAR MINIMAL) Pemakaian jilbab adalah seperti pada gambar di bawah ini...
Wallahu A'lam.....




Selesai ditulis pada :
Mendungan, Solo, 10 Desember 2013
pukul 17.07 WIB


Penyusun,
Abu 'Abdillah Rizwan

Post Comment

Poskan Komentar

  1. Artikel yang bagus.
    Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
    Ada banyak souvenir cantik untuk pengajian, haji, pernikahan.

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing.. Butuh bahan satin velvet berkualitas untuk membuat busana muslim?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus

Tinggalkanlah Komentar yang ahsan. Buuriktum Fiih....

 
Top