0
Terkadang, orang yang paling menentang dan memusuhi GURUNYA adalah MURIDNYA sendiri. Jadi zaman sekarang tidaklah heran jika terlalu banyak murid yang durhaka kepada gurunya.... (BACA : FENOMENA YANG BERGELIMPANGAN DI INTERNET, Perbedaan masalah Khilafiyyah sang Murid berani mencela Gurunya -Tahdzir-)

Jangankan seorang ustadz, ulama salaf terkemuka pun dimusuhi oleh muridnya sendiri. Salah satunya adalah Imam Al Hasan Al Bashri. Beliau memiliki beberapa murid. Namun dari sekian muridnya, ada 1 yang paling berani menentang AL Hasan Al Bashri. Siapakah dia???

Na'am. Dia adalah WASHIL IBNU ATHO'. Murid yang cerdas dan berani di antara sekian banyaknya murid AL Hasan AL Bashri. WASHIL IBNU ATHO' inilah pendiri MU'TAZILAH. Dedengkotnya MU'TAZILAH. 

Ketika belajar dengan AL Hasan AL Bashri ia membentuk majlis sendiri dan pada waktu singkat mendapat pengikut yang banyak dan pesat. 

Saking cerdasnya, Washil Ibn Atho' pun menguasai bahasa arab dan kaidah2nya. Jadi jangan heran banyak Ulama dedengkot Mu'tazilah rata-rata mereka ahli dan pakar Nahwu. Seperti AZ ZAMAKHSYARI. 

Washil Ibnu Atho' ini punya kekurangan, yaitu CEDAL / CADEL / CELAD (Lutsghoh) atau tidak bisa mengucapkan huruf " RO' ". Saking cerdasnya dia dalam tata bahasa arab. Ketika ia berpidato di hadapan manusia, dia menghindari kosakata yang mengandung huruf Ro' ketika berbicara.

Subhanallah.... Bayangkan, berpidato mungkin bisa kita anggap paling cepat 15-30 menit. berbicara panjang lebar tidak ada kosakata yang mengandung huruf Ro'....

Na'am, seharusnya kita juga harus bersemangat untuk belajar bahasa Arab dan kaidah-kaidahnya.... Mudah2an bermanfaat...... 


Penulis
Al Faqiir Ilaa Mawlahu


Rizqianto Hermawan

Post Comment

Poskan Komentar

Tinggalkanlah Komentar yang ahsan. Buuriktum Fiih....

 
Top